Skip to main content
Jurnalisme

Empat Mahasiswa Ilmu Komunikasi UI Lolos Seleksi Beasiswa IISMA 2023

By Mei 22, 2023Juli 16th, 2023No Comments1 min read

Empat mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Indonesia (UI) telah lolos seleksi beasiswa Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) yang diadakan sejak Februari 2023. Keempat mahasiswa tersebut adalah Victoria Emmanuella, Aditya Manggala, Adinda Nur, dan Adefrid Marcelino. Keempatnya merupakan mahasiswa angkatan 2020.

Adefrid berhasil menjadi penerima beasiswa IISMA dan akan mengikuti perkuliahan selama satu semester di University of Warwick di Warwickshire, United Kingdom (UK). Masa perkuliahan Adefrid di UK akan berlangsung mulai September 2023 hingga Februari 2024. Program IISMA ini akan menjadi tambahan untuk keseluruhan lama kuliah peserta.

Selain Adefrid, Victoria atau yang akrab disapa Vicky berhasil mendapat beasiswa IISMA dan lolos ke Universitat Pompeu Fabra di Barcelona, Spanyol.

Sembari mempersiapkan diri menunggu keberangkatan, mahasiswa masih mengikuti perkuliahan secara rutin di Ilmu Komunikasi, Universitas Indonesia.

IISMA adalah beasiswa yang diberikan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) Republik Indonesia untuk membiayai pelajar Indonesia selama satu semester untuk kuliah di universitas dan industri terkemuka di luar negeri. Mahasiswa dari berbagai universitas di Indonesia mengikuti rangkaian seleksi meliputi pengurusan dokumen melalui universitas asal, tes kebhinekaan, dan wawancara. Seleksi dilaksanakan sejak Februari hingga pengumuman pada pertengahan April lalu. Persiapan pendaftar dari UI sendiri dibantu melalui Center for Independent Development (CIL) UI.