Skip to main content
Kegiatan

O’Weeks Universitas Indonesia (UI) Mempertemukan 182 Mahasiswa Baru

By Oktober 26, 2022November 27th, 2022No Comments4 min read

Acara Opening O’Weeks 2022 di Auditorium Gedung C, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Indonesia, Depok, 26 Agustus 2022. Dokumentasi Panitia O’Weeks.

DEPOK – Program studi sarjana Ilmu Komunikasi Universitas Indonesia bersama Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi (HMIK) UI kembali menyelenggarakan kegiatan orientasi untuk mahasiswa baru. Rangkaian kegiatan Orientation Weeks atau O’Weeks yang dimulai pada 26 Agustus 2022 ini ditujukan sebagai sarana perkenalan bagi 182 mahasiswa baru yang bergabung sebagai anggota keluarga Ilmu Komunikasi UI.

Setelah dua tahun pandemi Covid-19, O’Weeks akhirnya kembali dilaksanakan secara tatap muka. Harapannya, O’Weeks dapat menjadi tempat yang nyaman, aktif, dan menyenangkan bagi para mahasiswa baru dalam mengenal kehidupan sebagai mahasiswa Ilmu Komunikasi UI. “Selayaknya sebuah keluarga,” kata Ketua Pelaksana O’Weeks 2022, Hanna Serevina Sinaga, dalam sambutannya di situs dan Instagram O’Weeks 2022.

Namun, dalam pelaksanaannya, mengatur acara untuk 182 mahasiswa baru menuai berbagai tantangan bagi angkatan 2020 yang mendapat giliran menyelenggarakan O’Weeks. Mereka tidak hanya harus menyesuaikan penyelenggaraan orientasi secara tatap muka yang mereka sendiri tidak pernah rasakan. Namun, para panitia juga perlu mengeluarkan tenaga lebih untuk mengatur, menertibkan, dan mengurus mahasiswa-mahasiswa baru yang jumlahnya 65,5% lebih banyak dibanding angkatan mereka sendiri.

Infografis Perbandingan Jumlah Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Indonesia di Angkatan 2020-2022. Desain dan teks oleh: Nathania S. Alexandra.

Kepala Evaluator O’Weeks 2022 Grasinove Reka Auditama yang kerap disapa Inove menceritakan adanya kesulitan administrasi pada awal acara. “Banyak data yang gak sinkron,” ucap mahasiswa Ilmu Komunikasi angkatan 2020 dengan peminatan hubungan masyarakat itu ketika ditemui di Gedung Komunikasi, Jumat (23/9/2022). Menurut Inove, data rujukan yang didapat dari Kemahasiswaan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik tidak lengkap. “Jadi di data cuma 180 orang,” katanya.

Mahasiswa-mahasiswa baru berbaris sebelum mengikuti acara College Student Starter Kit (CSSK) O’Weeks 2022 di Gedung C, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Indonesia, Depok, 3 September 2022. Dokumentasi Panitia O’Weeks.

Panitia O’Weeks mengaku sempat kewalahan mencari nama-nama mahasiswa yang tidak terdaftar. Kesulitan ini ditambah dengan adanya beberapa mahasiswa baru yang langsung masuk ke dalam group chat Ilmu Komunikasi UI angkatan 2022 di LINE tanpa melapor diri untuk administrasi. “Sulit untuk mengayomi mereka juga,” ujar Inove.

Selain kesulitan mengurus mahasiswa dalam jumlah yang banyak, merangkul sesama panitia dengan total 99 orang pun menjadi tantangan. “Karena terlalu banyak divisi, jadi gak terasa terangkul,” ucap Inove. Akibatnya, sesama panitia kurang memperhatikan masalah dari divisi lain. Menurut Inove, hal ini juga disebabkan oleh rasa lelah secara mental dan fisik, serta kewalahan dari para panitia sendiri untuk mengurus mahasiswa baru yang jumlahnya sangat banyak.

Jika dilihat berdasarkan kehadiran mahasiswa baru, para panitia juga cukup berhasil menciptakan rasa tanggung jawab dan keanggotaan para mahasiswa baru. Kehadiran dari setiap mata acara yang sudah dijalankan menunjukkan angka-angka yang hampir sempurna. Bahkan, jumlah kehadiran terendah masih berada di angka 85%.

Infografis Kehadiran Mahasiswa Baru Angkatan 2022 dalam Rangkaian Acara O’Weeks 2022. Desain dan teks oleh: Nathania S. Alexandra

Sayangnya, beberapa mahasiswa baru masih merasa kehadiran mereka dalam acara O’Weeks ini hanya didasarkan oleh formalitas dan kewajiban. “Dan itu kuliah udah mulai jadi orang-orang fokusnya lebih terpecah, kan,” pungkas salah satu peserta O’Weeks 2022, Gilbert Nathanael Merthe yang dikenal sebagai Ibet, ketika ditemui di Gedung Komunikasi, Jumat (23/9/2022). Selain itu, ia dan teman-temannya di angkatan 2022 merasa sudah cukup puas dimeriahkan dengan rangkaian orientasi tingkat fakultas sebelumnya.

Ibet juga memberikan evaluasi kepada panitia perihal membangun suasana acara. “Kadang-kadang, tuh, gak bisa dibedain kapan harus serius dan bercandanya,” ungkapnya. Namun, Ibet merasa hal ini kembali kepada kesulitan menangani peserta yang banyak. Ternyata, peraturan-peraturan yang jelas dan mudah diikuti saja tidak cukup dalam mengontrol suasana rangkaian acara untuk audiens sebanyak 182 orang.

Panitia mendistribusikan konsumsi kepada para peserta O’Weeks 2022 di acara College Student Starter Kit (CSSK) di Auditorium Gedung C, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Indonesia, Depok, 3 September 2022. Dokumentasi Panitia O’Weeks.

Kendati menghadapi berbagai tantangan, O’Weeks dianggap membantu para mahasiswa baru untuk lebih terhubung dengan teman-teman di angkatannya sendiri. “Serunya, ya, banyaklah ketemu temen-temen baru,” kata Ibet.

Ibet merasa bahwa terkoneksi dengan 182 orang secara langsung dalam waktu singkat terkesan mustahil. Tapi setidaknya, tambahnya, setiap mahasiswa baru dapat mengenal setidaknya satu orang yang tergabung dari masing-masing sirkel yang ada dalam angkatannya. “Salah satu dari sirkel itu (jadi) ada yang gue kenal,” ucap Ibet. Ia merasa bahwa acara O’Weeks dapat secara khusus membantu para mahasiswa baru yang kurang pandai bersosialisasi.

Nathania S. Alexandra

A story-teller and lover of tunes.

Leave a Reply