DEPOK—Pekan Komunikasi UI (Pekom) yang telah berjalan sejak Februari 2023 telah menutup pendaftaran tahap pertama perlombaan untuk tiga mata lomba: Journalight, Advertising War, dan PR Vaganza. Sementara itu, pendaftaran untuk mata lomba Media Matters masih dibuka sampai saat ini.
Sepanjang periode pendaftaran, Pekom telah menerima pendaftaran dari berbagai universitas di seluruh Indonesia. “Pendaftar bahkan ada dari Universitas Tadulako Palu, UNS, UK Petra, Universitas Udayana. Yang menarik itu, banyak yang bukan dari fakultas atau jurusan Ilmu Komunikasi,” jelas Aditya Manggala, Koordinator Perlombaan Pekom, 3 April 2023.
Pekom juga melakukan promosi dan sosialisasi lomba melalui berbagai media sosial seperti Instagram dan TikTok. Informasi perlombaan dibagikan secara daring melalui kanal media dan juga situs web Pekan Komunikasi UI 2023.
Selama sebulan membuka pendaftaran, Pekom mendapatkan peserta sebanyak lebih dari lima puluh kelompok. Dari total pendaftar, mahasiswa dapat mengikuti empat mata lomba.
Peserta terbanyak berasal dari Universitas Padjadjaran, diikuti oleh Universitas Indonesia dan Universitas Gadjah Mada. Peserta akan mengikuti serangkaian lomba mulai dari tahap preliminary, semifinal, dan final. Keseluruhan kegiatan akan berjalan hingga puncaknya pada 13 Mei 2023.
Panitia pun kini sedang dalam proses mempersiapkan setiap tahapan, “Kita sedang memastikan peserta bisa nyaman dan dapat pengalaman yang berkesan positif,” kata Aditya.
Salah satu peserta, Adinda Nur, mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Indonesia telah mendaftar mata lomba Advertising War. “Aku dari dulu belajar iklan, tapi aku mau bisa mengaplikasikannya ke dunia kerja. Jadi aku ikut Pekom untuk praktik langsung,” ungkapnya.
Karena diselenggarakan oleh jurusannya sendiri, Adinda merasa lebih tertarik mengikuti perlombaan ini, meskipun di saat yang bersamaan, Ujian Tengah Semester sedang berlangsung. “Lumayan challenging. Kita ngerjain tahap preliminary hanya dua hari,” kata Adinda. Meskipun demikian, tantangan yang diberikan menurutnya sangat berwawasan.
Selain mengikuti perlombaan, peserta juga bisa mengikuti rangkaian acara Pekan Komunikasi yang lainnya, seperti Career Day, Diskusi Publik, Workshop, dan Company Visit.