Skip to main content
BeritaKegiatan

Universitas Indonesia Sambut  Mahasiswa Baru Angkatan 2022

By Juli 18, 2022Oktober 19th, 2022No Comments2 min read

DEPOK-Memasuki tahun ajaran baru, Universitas Indonesia telah mempersiapkan rangkaian program untuk menyambut calon mahasiswa baru Angkatan 2022. Untuk pertama kalinya, kegiatan ini akan dilaksanakan secara bauran (luring dan daring).

UI secara resmi mengeluarkan edaran mengenai pelaksanaan program Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB). PKKMB adalah bagian dari rangkaian program orientasi yang wajib dijalankan oleh mahasiswa baru yang dilaksanakan di bawah naungan Direktorat Kemahasiswaan Universitas Indonesia (Dirmawa UI).

“(PKKMB) akan diselenggarakan sebagian luring,” kata Direktur Kemahasiswaan UI, Badrul Munir saat dihubungi Rabu (6/7/2022). Meski belum sepenuhnya luring, rangkaian kegiatan mahasiswa baru dengan melibatkan sesi tatap muka ini adalah yang pertama sejak pandemi melanda di tahun 2020.  

Sejalan dengan pernyataan tersebut, surat edaran yang diterbitkan melalui situs resmi Dirmawa UI menyatakan bahwa pelaksanaan PKKMB  secara luring dilaksanakan sesuai dengan kapasitas lokasi.

Adapun rangkaian PKKMB yang dimulai pada Juli 2022 ini terdiri dari proses pemeriksaan kesehatan di klinik makara UI pada 4 Juli – 2 Agustus 2022, pengambilan jaket kuning dan kartu tanda mahasiswa pada 19 Juli – 3 Agustus 2022, pelatihan paduan suara di Balairung UI pada tanggal 4, 5, 12, dan 13 Agustus 2022. 

Orientasi Mahasiswa Baru

Selain itu, mahasiswa baru juga akan mengikuti beberapa kegiatan orientasi lain, baik di tingkat universitas, fakultas, maupun jurusan. Rangkaian orientasi yang harus dijalankan oleh mahasiswa baru angkatan 2022 terdiri dari Display Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), Orientasi Belajar Mahasiswa (OBM), Orientasi Kehidupan Kampus (OKK) di tingkat universitas, Pengenalan Sistem Akademik Fakultas (PSAF) di tingkat fakultas, serta orientasi di tingkat jurusan.

Salah satu fakultas yang sedang mempersiapkan pelaksanaan orientasi bagi mahasiswa baru adalah Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP). Tahapan orientasi di FISIP UI diberi nama Pengenalan Sistem Akademik Kampus (PSAK). Saat ini, panitia PSAK FISIP UI telah mempersiapkan rangkaian acara bauran luring dan daring. 

Salah satu mentor PSAK 2022, Gading Naufal mengatakan, rencananya acara puncak PSAK 2022 akan dilaksanakan secara luring selama tiga hari. “Buat puncak acaranya, Hari-H PSAK full offline tanggal 18-20 Agustus 2022, lokasinya di FISIP,” ungkap mahasiswa tingkat akhir jurusan Ilmu Komunikasi ini saat dihubungi, Jumat (8/7/2022). Sementara itu acara daring akan diisi dengan kegiatan mentoring berkelompok. 

Sementara itu, acara puncak orientasi mahasiswa baru di tingkat universitas, OKK UI, juga akan dilaksanakan secara luring. Haris Maulana Ramadhan, selaku ketua pelaksana OKK UI 2022 mengatakan, pihaknya sudah diberi kewenangan oleh Dirmawa UI untuk menyelenggarakan acara puncak OKK UI. “Acara puncaknya tanggal 15 Agustus di Balairung UI. Untuk Mentoring dan pre-event akan dilaksanakan secara daring melalui media digital dan media sosial,” ungkap Haris saat dihubungi (8/7/2022).

Haris menambahkan, pihaknya memastikan akan tetap menjaga protokol kesehatan selama acara berlangsung. Tujuannya untuk menjaga keamanan agar meminimalkan penyebaran Covid-19. 

(Fachri S. Iman)

WebAdmin_PSDKUI

Dikelola oleh Admin situs Program Sarjana Departemen Komunikasi - PSDK.

Leave a Reply