Skip to main content
Berita

Mahasiswi Program Sarjana Ilmu Komunikasi Raih Juara 2 Mapres UI

By April 15, 2023Juli 16th, 2023No Comments2 min read
Allysa Natalie Hartono, mahasiswa Program Sarjana Departemen Ilmu Komunikasi FISIP UI angkatan 2020 meraih juara 2 dalam ajang pemilihan mahasiswa berprestasi di tingkat universitas. Ia juga menyabet penghargaan sebagai finalis terbaik dari rumpun ilmu sosial humaniora.

Allysa Natalie Hartono, mahasiswi Program Sarjana Departemen Ilmu Komunikasi FISIP UI angkatan 2020 usai menerima penghargaan sebagai juara 2 mahasiswa beprestasi tingkat UI.

DEPOK–Mahasiswi Program Sarjana Departemen Ilmu Komunikasi FISIP UI, Allysa Natalie Hartono keluar sebagai juara 2 dalam ajang Mahasiswa Berprestasi (mapres) tingkat Universitas Indonesia. Allysa juga menjadi finalis terbaik se-UI dari rumpun sosial humaniora pada acara puncak penghargaan, Senin (10/4/2023). 

Mahasiswa peminatan periklanan angkatan 2020 ini melenggang ke kompetisi di tingkat universitas setelah memenangkan pemilihan mapres di level fakultas. Dalam kompetisi tahunan tersebut, Allysa mengajukan proposal program gagasan kreatif tentang penyewaan baju batik premium dari para pengrajin di bawah naungan Dewan Kerajinan Nasional Daerah. 

“Penyewaan ini berbasis website, untuk pengembangan dan pemberdayaan, terutama baju-baju batik yang dihasilkan pengrajin perempuan,” tutur Allyssa, Kamis (13/4/2023). Dia melanjutkan, proyek rintisan direncanakan ada di Rusun Marunda. Berdasarkan riset awal yang dilakukan Allysa, di rusun tersebut sudah terdapat merek batik Marunda. 

Selain proposal gagasan kreatif, seluruh finalis mapres dari semua fakultas di UI beradu kebolehannya melalui capaian dan prestasi unggulan, pengalaman organisasi, kemampuan berbahasa Inggris, serta psikotes. Allysa mengakui, kompetisi ini cukup menantang dari segi rentang waktu yang disediakan. “Challenge terbesar adalah dari segi waktu pengerjaan yang singkat,” tuturnya. Meski demikian, ia mengaku cukup terbantu dengan dukungan dari pihak program studi, departemen, maupun fakultas. 

Adapun gelar juara 1 kategori mapres utama untuk jenjang sarjana diraih oleh Shakira Amirah dari Fakultas Kedokteran, disusul oleh Allysa di peringkat kedua, dan Fiqi Adam Pamungkas (Fakultas Psikologi) di posisi ketiga. Selain mapres utama, penghargaan juga diberikan untuk sederet kategori lainnya. Berikut daftar lengkapnya:

Kategori Mapres Utama Jenjang Sarjana

  • Juara 1: Shakira Amirah (FK)
  • Juara 2: Allysa Natalie Hartono (FISIP)
  • Juara 3: Fiqi Adam Pamungkas (FPsi)

Kategori Mapres Utama Jenjang Vokasi

  • Juara 1: Putri Anindya Ravinta

Kategori Karakter Terbaik: Jasmine Ainal Muthia (Fasilkom)

Kategori Bahasa Inggris Terbaik: Najaa Aaliyah Santoso (FEB)

Kategori Capaian Unggulan Terbaik: Shakira Amirah (FK)

Kategori Makalah dan Presentasi Terbaik: Shakira Amirah (FK)

Kategori Finalis Terbaik

  • Rumpun Ilmu Kesehatan: Shakira Amirah (FK)
  • Rumpun Ilmu Sains dan Teknologi: David Fernando Aritonang (FT)
  • Rumpun Ilmu Sosial Humaniora: Allysa Natalie Hartono (FISIP)
WebAdmin_PSDKUI

Dikelola oleh Admin situs Program Sarjana Departemen Komunikasi - PSDK.

Leave a Reply