Sejarah

newheader_sejarah

Departemen Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia (FISIP UI) berdiri pada 12 Desember 1959. Awalnya bernama Jurusan Publisistik yang masih berada di bawah naungan Fakultas Hukum dan Ilmu Pengetahuan Kemasyarakatan Universitas Indonesia. Seiring dengan berdirinya Fakultas Ilmu Pengetahuan Kemasyarakatan yang merupakan pecahan dari dari Fakultas Hukum dan Ilmu Pengetahuan Kemasyarakatan pada tahun 1969, maka jurusan Publisistik pun berpindah ke dalam fakultas yang baru tersebut.

Ketika nama fakultas ini kemudian berubah menjadi Fakultas Ilmu-Ilmu Sosial, nama jurusan diganti menjadi Jurusan Komunikasi Massa. Ketika fakultas berubah nama pada 1982 menjadi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, nama jurusan pun ikut berubah menjadi Jurusan Ilmu Komunikasi.

Dalam sejarah perkembangannya, nama lembaga ini beberakali berubah, yaitu mulai dari Jurusan Publisistik, Jurusan Komunikasi Massa, Departemen Komunikasi Massa, Jurusan Ilmu Komunikasi, dan sekarang kembali lagi pada Departemen Ilmu Komunikasi

Dengan terjadinya perubahan status Universitas Indonesia menjadi Badan Hukum Milik Negara, maka nama jurusan diubah menjadi Departemen Ilmu Komunikasi. Mulai tahun 2000, Departemen Ilmu Komunikasi mengelola pendidikan mulai dari jenjang Diploma III (berdiri 1997 dan ditutup pada 2007), jenjang Sarjana, dan jenjang Pascasarjana (berdiri 1987) yang terdiri dari Program Magister (S2) dan Doktor (S3). Khusus jenjang sarjana, dibuka pula Program Ekstensi pada 1995 dan akan berakhir 2012, sementara itu Program Kelas Paralel dan Kelas Khusus Internasional dibuka pada 2010.