Program S1 Kelas Khusus Internasional

Mulai tahun akademik 2010/2011, Departemen Ilmu Komunikasi FISIP UI membuka Kelas Khusus Internasional (KKI) dengan peminatan Public Relations dan Advertising. KKI bertujuan menghasilkan sarjana dengan gelar ganda yang diperoleh dari Universitas Indonesiadan universitas mitra di Australia. Kuliah menggunakan bahasa pengantar Bahasa Inggris. Masa studi dua tahun di UI dan 1.5 tahun di universitas mitra.

KKI dilaksanakan bekerjasama dengan universitas mitra di Australia (double degree program) yaitu:

  1. University of Queensland (School of Communicationand Journalism, Faculty of Social and Behavioural Sciences) untuk bidang Public Relations.
  2. Curtin University of Technology (School of Media, Culture and Creative Arts) untuk bidang Advertising.
  3. Deakin University (School of Communication and Creative Arts, Faculty of Arts and Education) untuk bidang Advertising.

Lulusan KKI memperoleh dua ijasah (gelar ganda), yaitu sarjana dari UniversitasIndonesia dan bachelor dari universitas mitra di Australia. Ijasah Universitas Indonesia dan universitas mitra di Australiaakan diberikan jika mahasiswa sudah menempuh dan lulus keseluruhan rangkaian kegiatan akademik yang dilaksanakan di UniversitasIndonesiadan di universitas mitra di Australia.

KKI yang dilaksanakan di Universitas Indonesia menggunakan bahasa pengantar Bahasa Inggris, baik bahasa yang digunakan dalam kuliah tatap muka, maupun dalam pembuatan makalah dan tugas tertulis lainnya.

Mahasiswa dapat memilih salah satu dari 2 (dua) peminatan yang ditawarkan, yaitu Hubungan Masyarakat (Public Relations) atau Periklanan (Advertising) pada tahun kedua (Semester 3 dan 4), setelah pada tahun pertama (Semester 1 dan 2) mengikuti perkuliahan yang sifatnya umum bidang ilmu komunikasi.