Kelulusan

Departemen Ilmu Komunikasi FISIP UI saat ini menyelenggarakan program pendidikan jenjang sarjana strata satu (S1) dalam beberapa program, yaitu:

Program S1 Kelas Reguler

Program S1 Kelas Paralel

Program S1 Kelas Khusus Internasional

Pilih jalur kelulusan

  1. Skripsi (6 SKS)
  2. Non Skripsi
    Tugas Karya Akhir – TKA (3 SKS)
    ATAU
    Penyelesaian perkuliahan 146  SKS* dengan menyerahkan artikel untuk UIANA guna pengambilan ijasah
* Sedang dibuat aturan baru yang mengatur kelulusan 144 karena menurut direktorat pengembangan akademik, setiap kelulusan harus ada nilai ada nilai  SKS khusus.

Tidak ada perbedaan antara Skripsi, TKA maupun penyelesaian perkuliahan 146 SKS selain perbedaan jumlah SKS. Semua mahasiswa yang lulus dari Program Sarjana Departemen Komunikasi FISIP UI akan bergelar Sarjana Komunikasi.

Pedoman Jalur Kelulusan

Mahasiswa Program Sarjana Departemen Ilmu Komunikasi FISIP UI mempunyai 3 (tiga) jalur kelulusan yaitu:

  1. Skripsi
  2. TKA
  3. Non Skripsi/Non TKA (Jurnal Makalah dengan lulus 146 SKS)

Mahasiswa yang memilih untuk mengmbil jalur kululusan skripsi diutamakan yang memiliki IPK 3.5. Namun tidak menutup kemungkinan untuk IPK 3,4 juga bisa mengambil jalur Skripsi dengan berbagai pertimbangan seperti:

  1. Performa nilai mata kuliah
  2. Hasil sidang outline

Mahasiswa yang memilih untuk mengambil jalur kelulusan non skripsi/non TKA akan dinyatakan lulus setelah lulus 146 SKS. Mahasiswa tetap wajib menghasilkan jurnal makalah untuk diunggah ke UIANA.

Program akan membantu mengarahkan proses bimbingan, terutama menentukan dosen pembimbing, untuk mahasiswa dari semua jalur kelulusan baik skripsi, TKA, maupun jurnal makalah. Mahasiswa bisa saja mengusulkan dosen pembimbing tetapi program akan melihat berbagai pertimbangan sebelum menentukan dosen pembimbing.

Download
Pedoman penulisan skripsi
Pedoman penulisan TKA
Pedoman penulisan jalur kelulusan 146