Yunindita Prasidya Meraih Gelar Mahasiswa Berprestasi FISIP UI 2018

Yunindita Prasidya, Mahasiswa Ilmu Komunikasi angkatan 2015 berhasil meraih Juara 1 Mahasiswa Berprestasi FISIP UI 2018 (21/3/18). Yunindita, yang akrab disapa Dita berhasil meraih gelar ini setelah mengalahkan 5 grand finalis lainnya. Gelar ini  Dita dapatkan melalui berbagai tahapan seleksi; berkas, screening CV, wawancara, penulisan dan presentasi karya tulis ilmiah, hingga debat bahasa Inggris. Tak hanya menjadi pemenang utama, Dita pun berhasil meraih Mahasiswa Berprestasi dengan Kemampuan Bahasa Inggris Terbaik.

Sejak  tahun pertama Dita telah aktif di unit kegiatan mahasiswa English Debating Society, dan berbagai kegiatan kemahasiswaan lainnya. Keinginannya untuk mendaftar hanya berawal dari motivasinya untuk mencoba. Mahasiswa peminatan Kajian Media ini, pada awalnya tidak menyangka bisa melangkah sejauh ini. Terlebih ketika ia menjadi satu-satunya perwakilan dari Ilmu Komunikasi yang berhasil melangkah maju hingga tahap akhir.

Perjalanan menjadi mahasiswa berprestasi bukanlah proses yang mudah. Ketika menjalani seluruh seleksi, Dita mengakui bahwa ia cukup kewalahan dalam mengatur semuanya; kegiatan akademik, non-akademik dan proses seleksi. “Walau susah, saya ingin berusaha untuk terus maju. Selain itu saya memang menyadari bahwa seluruh proses ini dimaksudkan untuk menantang kita, serta melihat sejauh apa kita bisa melangkah. Kalau pada prosesnya tidak mulus yah tidak apa, yang penting tetap berusaha dan lakukan yang kita bisa. Sebab itu bagian dari pembelajarannya”, ungkap Dita. Dita pun merasa bersyukur karena ia berhasil mendapatkan banyak pembelajaran selama proses seleksi ini.

Dita bersama teman-teman dari Ilmu Komunikasi UI pada Malam Penganugerahan Mahasiswa Berprestasi FISIP 2018

Pada malam penganugerahan Mahasiswa Berprestasi FISIP UI,  Dita menyadari bahwa prestasinya bukan hanya untuk dirinya melainkan untuk banyak orang. Dita paham keberhasilannya ini bukan semerta-merta atas upayanya sendiri. Ada banyak orang yang berperan dalam perkembangan dirinya. “Di malam penganugerahan itu saya sadar, bahwa ini tidak mungkin hanya saya saja. Ada banyak dukungan dan peran dari orang lain,” ungkap Dita. Ia merasa berterimakasih dan senang atas seluruh dukungan dari keluarga, teman, dan dosen dalam membantunya melalui proses pemilihan Mahasiswa Berprestasi ini.

Dita bersama seluruh peserta Mahasiswa Berprestasi Universitas Indonesia 2018

Setelah menjadi Mahasiswa Berprestasi FISIP UI 2018, Dita pun melaju untuk bertanding di tingkat UI. Pada seleksi Mahasiswa Berprestasi di tingkat UI Dita berhasil mendapatkan gelar sebagai Juara 3 Mahasiswa Berprestasi Terbaik Rumpun Ilmu Sosial dan Humaniora (6/4/18).

Ke depannya Dita berharap ia bisa lebih banyak berkontribusi melalui kemampuan yang ia miliki. Kegemarannya dalam sinematografi dan videografi ingin ia salurkan untuk membuat berbagai konten yang dapat bermanfaat bagi banyak orang. Utamanya menggunakan apa yang sudah ia pelajari di kelas untuk dapat disebarluaskan. Dita berharap rencana ini bisa terwujud dengan berkolaborasi bersama teman-teman lainnya. Ia menyadari bahwa prestasi yang ia dapatkan adalah sebuah pengingat untuk bisa berkontribusi lebih.