Pencantuman Afiliasi dengan Universitas Indonesia dalam Publikasi Ilmiah dari Civitas Akademika Universitas Indonesia.

Dalam rangka meningkatkan peringkat Universitas Indonesia, maka dukungan dari setiap sivitas akademika memegang peranan yang sangat penting. Salah satu kontribusi yang dapat diberikan oleh sivitas akademika adalah dalam bentuk publikasi ilmiah terutama di jurnal internasional bereputasi. Maih sedikitnya jumlah publikasi Universitas Indonesia yang terdata dalam situs olahan pemeringkatan publikasi ilmiah SCImago Lab. (www.scimagojr.com), salah satunya disebabkan oleh tidak seragamnya penulisan afiliasi Universitas Indonesia dalam setiap publikasi yang dilakukan oleh sivitas Akademika.

Untuk dapat meningkatkan jumlah publikasi dari dosen dan mahasiswa Universitas Indonesia yang terdata sehingga dapat turut meningkatkan peringkat Universitas Indonesia, dengan ini kami sampaikan beberapa hal penting terkait pencantuman afiliasi penulisan Universitas Indonesia dalam publikasi ilmiah sebagai berikut:

  1. Bahwa dalam setiap publikasi ilmiah dari dosen atau mahasiswa Universitas Indonesia wajib mencantumkan afiliasi penulis dengan Universitas Indonesia;
  2. Bahwa pencantuman afiliasi dengan Universitas Indonesia harus dicantumkan dengan benar yaitu “Universitas Indonesia” bukan “University of Indonesia” atau “UI” agar dapat terdata sebagai publikasi dari sivitas akademika Universitas Indonesia.

Demikian kami sampaikan, atas perhatiannya dan kerja sama yang baik, kami menyampaikan terima kasih.

Rektor,
Prof. Dr. Ir. Muhammad Anis, M.Met.