KPI Pusat Gandeng Departemen Adakan Uji Publik P3SPS yang Baru

Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat menggandeng Departemen Ilmu Komunikasi FISIP UI menyelenggarakan Dialog Uji Publik draft Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3SPS) 2011 pada 16 Juni 2011 di Auditorium Gedung Komunikasi FISIP UI Depok. Tema kegiatan ini adalah Optimalisasi Partisipasi Publik dalam Sistem Penyiaran Indonesia.

Forum ini bertujuan untuk menjaring masukan dari semua elemen masyarakat dan industri penyiaran dalam rangka revisi P3SPS. Draft P3SPS yang baru ini memuat lebih banyak materi dan lebih terperinci dari P3SPS yang lama. Melalui uji publik P3SPS ini, KPI berharap masyarakat bisa memberi legitimasi dan dukungan terhadap rancangan P3SPS baru. Selain itu, P3SPS diharapkan dapat dijadikan alat masyarakat untuk mengatur dan memantau dunia penyiaran di Indonesia.

Dialog uji publik ini dihadiri oleh berbagai kalangan baik mahasiswa, dosen, aktivis Lembaga Swadaya Masyarakat, wakil pemerintah, guru, sampai ibu-ibu dari kelompk pengajian majlis taklim serta perwakilan dari beberapa stasiun televise dan radio. Para peserta terlihat sangat antusias menanggapai draft P3SPS yang dipaparkan Wakil Ketua KPI. Antusiasme itu terlihat dari banyaknya pertanyaan dan tanggapan yang diberikan para peserta terhadap draft tersebut.

Kegiatan ini merupakan rangkaian dialog uji publik yang diselenggarakan KPI di berbagai kota di Indonesia. Selain di UI, forum ini diselenggarakan pula di Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga, Yogyakarta, Universitas Padjajaran (UNPAD) Bandung dan Universitas Hasanuddin (UNHAS) Makassar.