Dari Workshop Nasional Literasi Media: Dibutuhkan Bentuk Kelembagaan yang Formal

Departemen Ilmu Komunikasi FISIP UI bekerjasama dengan Yayasan Pengembangan Media Anak (YPMA) mengadakan workshop nasional bertema “Konsep dan Implementasi Media Literacy di Indonesia” pada 11-12 Mei 2011 di Auditorium Gedung Komunikasi FISIP UI Depok. Workshop ini diikuti oleh 34 peserta yang terdiri dari dosen berbagai universitas di Indonesia, penggiat literasi media dari berbagai wilayah, aktivis Lembaga Swadaya Masyarakat, dan komisioner dari Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat dan Daerah.

Dalam workshop ini dibahas makalah utama yang memaparkan Perkembangan Literasi Media di Indonesia oleh Hendriyani dari Departemen Ilmu Komunikasi FISIP UI/YPMA. Staf Ahli Menteri Komunikasi dan Informatika Henri Subiakto dan perwakilan UNICEF Erward Carwardine.

Dari diskusi kelompok yang dilaksanakan disepakati berbagai hal yang terkait dengan kegiatan literasi media antara lain unsur literasi media yang menyangkut penguatan dan pemberdayaan khakayak media; tujuan kegiatan literasi media yang menyangkut proteksionis, pemberdayaan dan pendidikan; target kegiatan literasi media yaitu target orang dan target tujuan; literasi media baru; tingkat literasi media; tingkat keberhasilan program literasi media; dimensi dan indikator literasi media; serta hambatan dan pelaksanaan literasi media.

Selain itu, dalam workshop ini juga dibahas tentang kelembagaan literasi media di Indonesia. Dalam sesi ini diusulkan adanya bentuk kelembagaan literasi media yang formal agar dapat membangun kerja yang baku, akuntabel dan terbuka.